Selasa, 01 Mei 2018

Critical book report profesi kependidikan

ETIKA PROFESI KEGURUAN
(Novan Ardy Wiyani, M. Pd. I, 2015)





NAMA MAHASISWA        : ILHAM FAUZI
NIM                :  1173371009
DOSEN PENGAMPU        :  Dr. Yasaratodo Wau, M. Pd
MATA KULIAH        : PROFESI KEPENDIDIKAN


PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
MEDAN
MEI 2018

KATA PENGANTAR

Puji syukur, kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, nikmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan critical book report dengan judul “Etika Profesi Keguruan” untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Profesi Kependidikan.
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan Critical Book Review ini dapat terselesaikan berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak yang terkait. Maka dari itu saya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Dr. Yasaratodo Wau, M. Pd selaku Dosen Pengampu yang telah membimbing saya dan teman-teman yang senantiasa sudah membantu.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu mengharapkan masukan atau saran dan kritik yang membangun guna perbaikan dan penyempurnaan selanjutnya. Saya berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita.

Medan, Maret 2018


Penulis
Ilham Fauzi
NIM. 1173371009







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL    1
KATA PENGANTAR    2
DAFTAR ISI    3
BAB I. PENDAHULUAN    4
  1. Rasionalisasi Pentingnya CBR    4
  2. Tujuan    4
  3. Manfaat    4
  4. Identitas Buku    4
BAB II. RINGKASAN ISI BUKU    6
BAB III. PEMBAHASAN    10
BAB IV PENUTUP    11
  1. Kesimpulan    11
  2. Rekomendasi    11
DAFTAR PUSTAKA    12
LAMPIRAN    13








BAB I
PENDAHULUAN
  1. Rasionalisasi Pentingnya CBR
Pentingnya Critical Book Report bagi mahasiswa yang baru belaajr tentang mengkritik buku agar lebih mengerti atau memahami apa isi buku yang telah direview dan dibacanya, dan tidak hanya diriview dan dibaca saja tetapi dia juga tidak lupa begitu saja. Tugas ini mengajarkan mahasiswa bagaimana caranya berpikir kritis.
  1. Tujuan Penulisan
  1. Penyelesaian tugas : Critical Book Review ini dimaksudkan untuk membandingkan beberapa buku yang kit abaca.
  2. Menambah        : Pengetahuan dan wawasan mengenai buku yang akan dikritik.
  3. Meningkatkan    : Ketelitian dan pemahaman dari buku yang kita review sehingga kita mampu membandingkannya dengan buku lain.
  4. Menguatkan        : Potensi maupun keahlian dalam mengkritik isi buku yang kita baca dan melakukan perbandingan dengan buku lainnya.
  1. Manfaat CBR
Buku ini dikritik dengan tujuan agar mahasiswa dapat melakukan review book dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk belajar mandiri, belajar bersama, untuk mencapai tujuan bersama.dan dapat menawarkan gagasan dalam pengembangan jiwa Keprofesionalan seorang Tenaga Pendidik dan mudah-mudahan dapat menambah wawasan bagi kita semua.
  1. IDENTITAS BUKU YANG DIRIVIEW : (BUKU UTAMA)
Judul Buku                : Etika Profesi Keguruan
Nama Pengarang            : Novan Ardy Wiyani, M. Pd. I
Penerbit/Thn Terbit/Jlh Hlm    : GAVA MEDIA/2016/207
ISBN                    : 978-602-7869-73-8
   
BUKU PEMBANDING I
Nama Mahasiswa            : Ilham Fauzi
NIM/Prodi                : 1173371009/PLS
Judul Buku                : Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru
Cetakan                 : Pertama
Nama Pengarang            : Jamil Suprihartiningrum, M. Pd. Si.
Penerbit/Thn Terbit/Jlh Hlm    : AR-RUZ MEDIA/2014/385
Kota Terbit                : Jogjakarta
ISBN                    : 978-602-7874-04-6
BUKU PEMBANDING II
Nama Mahasiswa            : Ilham Fauzi
NIM/Prodi                : 1173371009/PLS
Judul Buku                : Kinerja Guru Profesional: instrument Pembinaan, Peningkatan, &Penilaian
Cetakan                 : Pertama
Nama Pengarang            : Barnawi & Mohammad Arifin
Penerbit/Thn Terbit/Jlh Hlm    : AR-RUZ MEDIA/2014/166
ISBN                    : 978-602-18895-5-8




BAB II
RINGKASAN BUKU
BAB I HAKIKAT ETIKA
Etika adalah suatu perbuatan yang dilakukan seseorang. Etika merupakan cara kita dalam atau berbuat.
Etika, moral, akhlak, dan karakter merupakan istilah yang sama-sama memfokuskan pembahasannya pada perbuatan baik manusia. Sumber dan sifatnya lah yang membedakannya. Etika bersumber dari akal, moral bersumbe dari etika, akhlak bersumber dari ajaran agama, sedangkan karakter bersumber dari akal, dapat pula dari ajaran agama maupun keduanya. Sementara itu etika bersifat teoritis, moral bersifat praktis, akhlak bersifat subjektif, sedangkan karakter bersifat teoritis dan praktis.
BAB II HAKIKAT KODE ETIK PROFESI
Kode etik profesi adalah norma-norma atau nilai-nilai yang harus dijunjung tinggi dan dipatuhi oleh anggota profesi sebagai landasan dalam menjalankan profesinya.
Tujuan Kode Etik Profesi adalah untuk menjunjung tinggi martabat suatu profesi, untuk menaga atau memelihara kesejahteraan anggota organisasi profesi, untuk meningkatkan pengabdian anggota organisasi profesi, untuk meningkatkan mutu profesi, untuk meningkatkan mutu organisasi profesi, untuk meningkatkan layanan diatas kepentingan pribadi, untuk menciptakan organisasi profesi yang kuat, untuk menciptakan hubungan yang harmonis antar-anggota organisasi profesi, untuk menentukan suatu standar kinerja anggota organisasi profesi.
Fungsi kode etik profesi yaitu memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi mengenai perbuatan baik apa yang harus dilakukan. Sebagai sarana control sosial bagi masyarakat atas profesi yang bersangkutan. Dan mencegah campur tangan pihak luar organisasi profesi terkait dengan hubungan etika dalam keanggotaan profesi.
Hubungan etika dengan kode etik profesi yaitu pada etika, didalamnya terdapat nilai-nilai yang dijadikan sebagai pedoman bagi manusia untuk berbuat baik. Nilai-nilai etika yang dimaksud antara lain tanggung jawab, kewajiban dan hak. Pada kode etik profesi, tanggung jawab berhubungan dengan kewajiban. Suatu pekerjaan yang wajib dilakukan oleh seseorang dalam suatu profesi kemudian kewajiban tersebut menjadi tanggung jawabnya. Misalnya pada professi keguruan, guru wajib menilai keberhasilan belajar peserta didikny. Maka salah satu tanggung jawab guru adalah menilai keberhasilan belajar peserta didiknya.
BAB III HAKIKAT GURU
Guru dapat diartikan sebagai orang dewasa yang bekerja sebagai tenaga pendidik dan pengajar disekolah agar peserta didik dapat menjadi sosok yang berkarakter, berilmu pengetahuan, serta terampil mengaplikasikan ilmu pengetahuannya.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kinerja guru yaitu: 1) Kepribadian, 2) Keterampilan Mengajar, 3) Keterampilan Berkomunikasi, 4) Keterampilan Berhubungan dengan Masyarakat, 5) Kedisiplinan, 6) Kesejahteraan, 7) Budaya Kerja, 8) Pengembangan Profesi Keguruan.
BAB IV PROFESI KEGURUAN
Profesi adalah pekerjaan yang menuntut seseorang untuk mempunyai keterampiilam/keahlian, kecakapan. Sedangkan keguruan adalah berbagai hal yang berhubungan dengan tugas pekerjaan seorang guru misalnya yang menyangkut pada pengajaran, pendidikan, dan metode pengajaran.
Profesi Keguruan adalah pekerjaan sebagai seorang guru yang bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan menilai peserta didik dengan bekal pengetahuan, keahlian, dan keterampilan yang dimilikinya.
Kode Etik Guru adalah nilai-nilai yang dijadikan sebagai landasan yang harus di junjung tinggi oleh seorang guru dalam melaksanakan tugasnya di dalam dunia pendidikan.
Tujuan kode etik guru antara lain: Untuk mengangkat citra positif dan martabat guru, untuk menjaga dan memelihara kesejahteraan guru, sebagai landasan dan standar perilaku guru, untuk menempatkan guru sebagai orang yang bermanfaat bagi orang lain, untuk meningkatkan mutu guru, untuk meningkatkan mutu organisasi guru.
BAB V ETIKA PROFESI KEGURUAN
Etika profesi keguruan adalah ilmu yang mempelajari tentang perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai pendidik professional.
BAB VI ETIKA GURU TERHADAP DIRI SENDIRI
Memperteguh niat dan komitmen menjadi guru, guru yang mempunyai kepribadian yang tenang dan mantap, kecintaan guru terhadap peserta didikndan pekerjaannya, serta komitmen guru dalam bekerja dialhirkan oleh niat yang kuat dan ihklas untuk menjadi profesinya sebagai guru. Mengembangkan kemampuan guru sebagi guru, yaitu guru yang mengembangkan kemampuannya seperti conceptual skill yaitu kemampuan guru dalam berpikir kreatif, kemampuan meyelesaikan masalah pendidikan, dan kemampuan membuat karya tulis ilmiah. Technical Skill merupakan kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan, metode, dan strategi untuk melaksanakan pembelajaran, yakni kemampuan mendayagunakan media pembelajaran dan kemampuan mengelola waktu dalam pembelajaran. Dan Kemampuan Human Skill yaitu kemampuan seorang guru berhubungan dengan kompetensi kepribadian dan sosial.
BAB VII ETIKA GURU TERHADAP PESERTA DIDIK
Memahami perbedaan individu peserta didik, menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik, memandang positinf peserta didik, menilai secara objektif yaitu (tidak membeda-bedakan) kemampuan peserta didik, menjadi teladan bagi peseta didik.
BAB VIII ETIKA GURU TERHADAP TEMAN SEJAWAT
Mengenal dan Memahami kepribadian rekan sejawat agar bisa ssaling bekerjasama, menjalin komunikasi dengan rekan sejawat untuk kepentingan pendidikan, melakukan persaingan kerja yang positif dengan rekan sejawat, mengelola konflik dengan rekan sejawat
BAB IX ETIKA GURU TERHADAP WALI PESERTA DIDIK
Mengenali wali peserta didik untuk kepentingan, menjalin komunikasi dengan wali peserta didik untuk kepentingan pendidikan, melakukan kerjasama dengan wali peserta didik untuk kepentingan pendidikan, membantu wali peserta didik dalam mendidik peserta didik dilimgkungan keluarga.
BAB X ETIKA GURU TERHADAP MASYARAKAT
Menyesuaikan diri dengan adat-istiadat masyarakat, menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan masyarakat, menjadi partisipan dalam lembaga atau organisasi kemasyarakatan.











BAB III
PEMBAHASAN
KEUNGGULAN BUKU
BUKU UTAMA ( Pengarang : Novan Ardy Wiyani, M. Pd. I)
Disini penyusun melihat antar sub-sub pembahasan saling berkaitan  satu sama lain dan apa yang dijelaskan dalam buku sudah lengkap karena ia membahas satu per satu tentang semua masalah yang berhubungan dengan proses pembelajaran yang ia juga membahas satu per satu sehingga pembaca dapat memilah-milah satu per satu dari materi tersebut. Apa yang dipaparkan didalam buku ini sangat jelas karena terletak pada meteri yang cukup lengkap terlihat pada sub-sub judul dalam buku ini yang lengkap dan menyeluruh, kemudian kelebihan dari buku tersebut adalah penulis dapat mengembangkan beberapa poin-point kecil namun cukup penting untuk di kaji.  Kemutakhiran buku ini tidak diragukan lagi dilihat dari tahun terbitannya dan sumber-sumbernya, kemudian pembahasan yang dipaparkan oleh penulis sangat menyeluruh sehingga sangat mudah untuk dipahami oleh penulis. Penyusun juga melihat pembahasan yang ada di buku pembanding sangat jelas
BUKU PEMBANDING I( Pengarang : Jamil Suprihartiningrum, M. Pd. Si.)
Dalam buku pembanding penyusun melihat apa yang dipaparkan didalam buku ini sangat jelas karena terletak pada meteri yang cukup lengkap terlihat pada sub-sub judul dalam buku ini yang lengkap dan menyeluruh, kemudian kelebihan dari buku tersebut adalah penulis dapat mengembangkan beberapa poin-point kecil namun cukup penting untuk di kaji. Menurut penyusun tidak ada yang perlu dikritik dari buku ini, karena cakupan yang dimuat buku ini sudah cukup bagus mulai dari kemutakhiran kemutakhiran serta keterkaitan antar babnya. Dari segi bahasanya pun cukup bagus.
BUKU PEMBANDING II (Pengarang: Barnawi & Mohammad Arifin)
Pada buku ini sudah dijelaskan bagaimana kinerja guru dalam mendidik, dan buku ini hanya menjelaskan tentang kinerja guru saja, sehingga buku ini tidak seluas pada buku utama, dimana buku utama lebih menjelaskan tentang etika seorang guru dalam mendidik. Kedua buku ini antara buku utama dengan buku pembanding dua sama-sama mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing sehingga kalau dipadukan maka kedua buku ini sudah dikategorikan sempurna.





























BAB IV
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Etika adalah suatu perbuatan yang dilakukan seseorang. Etika merupakan cara kita dalam atau berbuat. Profesi Keguruan adalah pekerjaan sebagai seorang guru yang bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan menilai peserta didik dengan bekal pengetahuan, keahlian, dan keterampilan yang dimilikinya. Jadi etika profesi keguruan adalah cara seorang guru dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan menilai peserta didik dengan catatan guru harus professional di bidang mata pelajarannya.
  1. Rekomendasi
Berdasarkan kesimpulan diatas di atas seorang guru harus mampu untuk mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, dan menilai peserta didik secara optimal sehingga peserta didik dapat mengembangkan pola pikirnya dan mampu memahami apa yang telah di ajarkan oleh seorang tenaga pendidik.
DAFTAR PUSTAKA
Ardy, Novan, 2015. Etika Profesi Keguruan. Jogjakarta: Gava Media.
Suprihartiningrum, Jamil 2014. Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, & Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Arifin Mohammad & Barnawi 2014. Kinerja Guru Profesional: instrument Pembinaan, Peningkatan, &Penilaian. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

1 komentar:

  1. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsung selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 2.000.000
    • SMA = Rp. 3.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.500.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    BalasHapus